Proses Umum dalam Injection Molding Indonesia



Cetakan injeksi adalah proses pembuatan yang paling umum digunakan untuk pembuatan bagian plastik. Berbagai macam produk diproduksi menggunakan cetakan injeksi, yang sangat bervariasi dalam ukuran, kompleksitas, dan aplikasi. Proses cetakan injeksi membutuhkan penggunaan mesin cetak injeksi, bahan plastik mentah, dan cetakan. Langkah-langkah dalam proses injection molding Indonesia ini dijelaskan secara lebih rinci di bagian selanjutnya.

Siklus proses
Siklus proses untuk cetakan injeksi sangat singkat, biasanya antara 2 detik dan 2 menit, dan terdiri dari empat tahap berikut:

Menjepit
Sebelum injeksi bahan ke dalam cetakan, kedua bagian cetakan harus terlebih dahulu ditutup dengan aman oleh unit penjepit. Setiap setengah dari cetakan melekat pada mesin cetak injeksi dan setengah isinya dikeluarkan. Unit penjepit injection molding Indonesia yang digerakkan secara hidrolik mendorong bagian cetakan bersama-sama dan memberikan kekuatan yang cukup untuk menjaga cetakan tertutup dengan aman saat bahan disuntikkan. Waktu yang diperlukan untuk menutup dan menjepit cetakan tergantung pada mesin. Mesin yang lebih besar (yang memiliki gaya penjepit lebih besar) akan membutuhkan lebih banyak waktu. Waktu ini dapat diperkirakan dari waktu siklus kering mesin.

Injeksi
Bahan plastik mentah, biasanya dalam bentuk pelet, dimasukkan ke dalam mesin injection molding Indonesia, dan maju menuju cetakan oleh unit injeksi. Selama proses ini, bahan dilebur oleh panas dan tekanan. Plastik cair kemudian disuntikkan ke dalam cetakan dengan sangat cepat dan penumpukan tekanan mengumpulkan dan memegang bahan tersebut. injeksi sulit untuk dihitung secara akurat karena kompleksitas dan perubahan aliran plastik cair ke dalam cetakan. Namun, waktu injeksi dapat diperkirakan dengan volume bidikan, tekanan injeksi, dan daya injeksi.

Pendinginan
Plastik cair yang ada di dalam cetakan mulai mendingin begitu menyentuh permukaan cetakan interior. Saat plastik mendingin, bahan ini akan mengeras menjadi bentuk bagian yang diinginkan. Namun, selama pendinginan, beberapa penyusutan bagian dapat terjadi. Pengemasan bahan pada tahap injeksi memungkinkan bahan tambahan mengalir ke cetakan dan mengurangi jumlah penyusutan yang terlihat. Cetakan tidak dapat dibuka sampai waktu pendinginan yang diperlukan telah berlalu. Waktu pendinginan dapat diperkirakan dari beberapa sifat termodinamika plastik dan ketebalan dinding maksimum bagian tersebut.

Ejeksi
Setelah waktu yang cukup berlalu, bagian yang dingin dapat dikeluarkan dari cetakan oleh sistem ejeksi injection molding Indonesia, yang melekat pada bagian belakang cetakan. Ketika cetakan dibuka, mekanisme digunakan untuk mendorong bagian keluar dari cetakan. Kekuatan harus diterapkan untuk mengeluarkan bagian karena selama pendinginan bagian menyusut dan melekat pada cetakan.

Untuk memfasilitasi pengeluaran bagian, zat pelepas cetakan dapat disemprotkan ke permukaan rongga cetakan sebelum injeksi bahan. Waktu yang diperlukan untuk membuka cetakan dan mengeluarkan bagian tersebut dapat diperkirakan dari waktu siklus kering mesin dan harus mencakup waktu untuk bagian tersebut agar tidak jatuh dari cetakan. Setelah bagian dikeluarkan, cetakan dapat diklem tertutup untuk tembakan berikutnya yang akan disuntikkan.

Ada banyak lagi dasar-dasar dan ilmu pengetahuan tentang teknologi cetakan injeksi pabrik di injection molding Indonesia yang bisa dibahas dalam website polimerindo.com

PT Dinamika Polimerindo adalah perusahaan injeksi plastik dan bengkel cetak yang tumbuh pesat di Tangerang, Indonesia. Kami menawarkan layanan cetak injeksi komponen plastik mulai dari komponen plastik desain 3D, pembuatan cetakan, komponen cetakan injeksi plastik dan perakitan komponen plastik.

Kami telah menjaga kemitraan yang kuat dengan beberapa korporasi terbesar di Indonesia sebagai pemasok bagian komponen otomotif, bagian makanan dan minuman, bagian konsumen yang baik, bagian agribisnis serta produk elektronik dan kabel sejak tahun 1996.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini :